-->

Legenda seniman Betawi Benyamin S

Kumpulan Lagu-lagu terbaik Benyamin Sueb

 Almarhum Benyamin Sueb yaitu seorang legenda seniman Betawi yang tak pernah tergantikan  Legenda seniman Betawi Benyamin S

Almarhum Benyamin Sueb yaitu seorang legenda seniman Betawi yang tak pernah tergantikan sepanjang masa.Dedikasinya untuk kemajuan kesenian Betawi sangat toyal, sehingga menjadi aikon Betawi. Sekilas profil biografi Legenda seniman Betawi Benyamin Sueb :
Benyamin Sueb atau yang lebih dikenal dengan nama Benyamin S,atau lebih dekat disapa dengan panggilan Bnag Ben, lahir di Kemayoran, Jakarta, 5 Maret 1939 dan meninggal di Jakarta, 5 September 1995 pada umur 56 tahun yaitu pemeran, pelawak, sutradara dan penyanyi Indonesia.
Benyamin menghasilkan lebih dari 75 album musik dan 53 judul film.
Celetukan "muke lu jauh" atau "kingkong lu lawan" pasti mengingatkan masyarakat pada Benyamin Sueb.
Sejak kecil, Benyamin Sueb sudah mencicipi getirnya kehidupan. Bungsu dari delapan (8&341; bersaudara pasangan Suaeb-Aisyah yang sudah kehilangan bapaknya semenjak umur dua tahun.
Karena kondisi ekonomi keluarga yang tak menentu, si kocak Ben semenjak umur tiga tahun diijinkan ngamen keliling kampung dan jadinya buat biaya sekolah kakak-kakaknya. Benyamin sering mengamen ke tetangga menyanyikan lagu Sunda Ujang-Ujang Nur sambil bergoyang badan. Orang yang melihat aksinya menjadi tertawa lalu memberikannya recehan 5 sen dan sepotong kudapan manis sebagai imbalan.

Dalam dunia musik, Bang Ben begitu ia kerap disapa yaitu seorang seniman yang berjasa dalam menyebarkan seni tradisional Betawi, khususnya kesenian Gambang Kromong. Lewat kesenian itu pula nama Benyamin semakin popular.
Tahun 1960, presiden pertama Indonesia, Soekarno, melarang diputarnya lagu-lagu absurd di Indonesia. Pelarangan tersebut ternyata tidak menghambat karier musik Benyamin, malahan kebalikannya. Dengan kecerdikannya, Bang Ben menyuguhkan musik Gambang Kromong yang dipadu dengan unsur modern.

Koleksi lagu-lagu Betawi karya Benyamin Sueb

Walaupun kini Bang Ben sang legenda seniman Betawi itu telah tiada,namun karya-karya dia tak kan pernah mati.Beliau akan selalu dikeneng dan dirindu oleh semua orang khususnya masyarakat Betawi.
Selamat jalan Bang Ben, do'a seluruh rakyat Indonesia menyertai kepergianmua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Legenda seniman Betawi Benyamin S"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel